Skripsi
ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI TES DIAGNOSTIK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori polya ditinjau dari tes diagnostic. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Warunggunung dengan jumlah sampel sebanyak 3 orang siswa kelas X E-8. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data induktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa mengalami kesulitan dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah disebabkan siswa tidak mengetahui langkah menyelesaikan soal, siswa tidak mengetahui solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal dan menemukan solusi penyelesaian soal; 2) Sebagian siswa lupa rumus apa yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal trigonometri, siswa kurang bisa membuat sketsa/gambar dari yang diketahui dalam soal. 3) Berdasarkan hasil analisis data tes diagnostik pilihan ganda untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa, dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak mengerti maksud dari apa yang diminta oleh soal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari jawaban siswa yang kosong, karena siswa kesulitan memahami soal maka akan melewatkan soal tersebut dan tidak menjawabnya.
Tidak tersedia versi lain