Skripsi
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi peluang yang ditinjau dari gaya kognitif. Analisis kesalahan ini perlu dilakukan karena setiap siswa mempunyai gaya berpikir berbeda dalam menyelesaikan soal, dan analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa berdasarkan tahapan Newman. Gaya kognitif yang menjadi fokus pada penelitian adalah gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Warunggunung pada kelas X, dan sampel yang digunakan pada kelas XE-4 dengan jumlah 37 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik analisis data induktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan yaitu test GEFT, soal literasi matematis, dan pedomana wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan siswa dalam membaca 77,7%, kesalahan memahami soal 77,7%, kesalahan tnaformasi 39%, kesalahan keterampilan proses 61.1%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir 50%. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, serta membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis mereka.
Tidak tersedia versi lain