Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MTS KUN KARIMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, serta untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan RME. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kun Karima, Pandeglang, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 26 siswa di kelas eksperimen dan 26 siswa di kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Hasil analisis ini menggunakan regresi linear sederhana yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Selain itu, hasil uji t dengan Independent Sample T-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0,012, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan H. diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Tidak tersedia versi lain