Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA
Latar belakang penelitian ini adalah tidak adanya variasi pendekatan pembelajaran yang digunakan guru, yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMA dalam materi statistika dan (2) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran PjBL. dan Konvesional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian kuasi-eksperimental, yang digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian ini menggunakan kelompok kontrol pretest-posttest. Seluruh kelas X merupakan populasi subjek penelitian ini, namun sampel yang digunakan adalah kelas X.1 dan X.2. Instrumen yang digunakan adalah uji instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi statistika. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa observasi, kuesioner respon siswa, dan tes tertulis berupa soal uraian. Data dikumpulkan melalui observasi, angket respon siswa model PjBL, dokumentasi, dan tes, yang terdiri dari pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan Independent Sample T Test. Sebelumnya, data telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Penelitian menunjukkan bahwa (1) metode pembelajaran berbasis proyek (PjBL) mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Adanya perbedaan antara model pembelajaran PjBL dan Konvesional.
Tidak tersedia versi lain