Skripsi
HUBUNGAN ANTARA SELF-CONFIDENCE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Kepercayaan diri yang masih kurang dan kemampuan pemahaman konsep matematis yang masih rendah dari siswa kelas VIII SMP Nurul Madany menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Nurul Madany Cipanas Kabupaten Lebak. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket self-confidence dengan model skala likert dan tes pemahaman konsep matematis dengan berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-confidence dengan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Madany dengan nilai r hitung atau product moment sebesar 0, 607>0, 254 dengan nilai signifikansi 0,05 yang artinya semakin tinggi nilai self-confidence siswa, maka semakin baik juga pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Madany begitupun sebaliknya. Nilai koefisien determinasi self-confidence dan pemahaman konsep matematis adalah sebesar 36,84% serta sisanya yaitu sebesar 63,16% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain