Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ΜΑΤΕΜΑΤΙΚA BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP
Proses pembelajaran yang berlangsung di SMP La Tansa 2 selama ini kurang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi karena kurangnya pengetahuan guru terhadap pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi bangun ruang kelas VIII SMP dengan mengetahui kelayakan dan kemenarikan dari media tersebut dengan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta mengetahui respon peserta didik terhadap media tersebut.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan lima tahap yaitu: 1) tahap Analysis (analisis) yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis materi; 2) tahap Design (desain) yaitu tahap perancangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Capcut, Benime dan Zepeto; 3) tahap Development (pengembangan) yaitu tahap produksi media yang telah dirancang dan dilakukan validasi media; 4) tahap Implementation (implementasi) yaitu tahap uji coba kepada peserta didik untuk mengetahui kemenarikan media tersebut; 5) Evaluation (Evaluasi) tahap terakhir dari langkah-langkah pengembangan model ADDIE yaitu tahap evaluasi, pada tahap evaluasi ini menyempurnakan produk yang ingin dikembangkan. Hasil validasi dari ahli madia memperoleh kriteria "sangat layak" dengan presentase rata-rata 83% dan ahli materi sebesar 87% dengan kriteria "sangat layak". Selanjutnya respon peserta didik memperoleh hasil 88% pada kelompok kecil dan pada kelompok besar memperoleh hasil 89% dengan kriteria "sangat menarik". Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi pada materi bangun ruang kelas VIII SMP layak untuk digunakan di SMP La Tansa 2.
Tidak tersedia versi lain