Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Al-Fadhilah. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Fadh…
Proses pembelajaran yang berlangsung di SMP La Tansa 2 selama ini kurang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi karena kurangnya pengetahuan guru terhadap pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi bangun ruang kelas VIII SMP dengan mengetahui kelayakan dan kemenarikan dari media tersebut d…
Kurangnya penguasaan kemampuan representasi matematis siswa disebabkan karena kurang terlibatnya siswa dalam proses belajar matematika, guru biasanya masih menyampaikan secara langsung sehingga siswa terbiasa terpacu pada jawaban yang guru contohkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian …
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-confidence siswa dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya hasil kemampuan pemecahan masalah dan Self-Confidence matematika di Indonesia masih rendah. Setiap siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksprisikan Pengaruh Model Think …
Pembelajaran matematika pada umumnya manjadi kurang bermakna karena situasi yang diambil jauh dari kehidupan sehari-hari siswa dan menjadikan anak selalu beranggapan bahwa pembelajaran matematika menjadi tidak penting dan sangat sulit untuk dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis m…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam pembelajaran berbasis proyek pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Cipanas dengan melibatkan 30 siswa kelas VIII sebagai subjek. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis data secara induktif, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan…