Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Rendahnya kemampuan penalaran siswa terlihat dari beberapa faktor diantaranya adalah, pembelajaran yang selalu dilaksanakan para siswa di dalam kelas hanya terfokus pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan sehingga siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan mengemukakan pendapat serta kurangnya minat siswa dalam berdiskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Intrumen untuk pengambilan data berupa tes uraian. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji Lavene-Statistic. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan thitung 0,192 trabel 0,05 sehingga menyatakan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain