Proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dan menganggap matematika sulit serta membosankan, akibatnya hasil pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization terhadap kemampuan …
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penelaran matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cikulur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan men…
Rendahnya kemampuan penalaran siswa terlihat dari beberapa faktor diantaranya adalah, pembelajaran yang selalu dilaksanakan para siswa di dalam kelas hanya terfokus pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan sehingga siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan mengemukakan pendapat serta kurangnya minat siswa dalam berdiskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemam…
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajar…
Self-Confidence yang dimiliki setiap individu dalam memandang dirinya dengan mengacu pada konsep din. Selain itu kepercayaan diri juga akan memberikan motivasi terhadap pencapaian keberhasilan seseorang dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk 1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP La Tansa 1 Cipanas, 2) untuk menge…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Content berbasis Google Sitespada materi Aritmatika Sosial di kelas VII SMPN 4 Lebak Gedong. Pengembangan media ini dilakukan untuk meningkatkan minat belajar dan memfasilitasi pembelajaran siswa, terutama dalam kondisi keterbatasan fisik akses ke sekolah akibat bencana alam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and D…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta membandingkannya dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Rahmah, Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Jumla…