Skripsi
METODE ACCELERTED LEARNING FOR THE 21ST CENTURY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Accelerted Learning For The 21 Century terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari kemampuan awal kelas IX di MTsN 1 Lebak. Jenis penelitian yang digunakan metode quasi eksperiment dengan desain posttes only menggunakan treatment by level 2x3. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan awal matematis dan posttest. Instrument penelitian terdiri dari 5 soal essay pada pembahasan bangun ruang sisi lengkung. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) kelompok siswa yang belajar menggunakan Metode Accelerted Learning For The 21 Century lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh antar kemampuan awal dengan metode Accelerted Learning For The 21 Century dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), (3) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal tinggi, dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan metode Accelerted Learning For The 21st Century lebih tinggi dari metode pembelajaran konvensional, (4) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal sedang, dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan metode Accelerted Learning For The 21st Century lebih tinggi dari metode pembelajaran konvensional, (5) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal rendah, dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Metode Accelerted Learning For The 21st Century lebih tinggi dari metode pembelajaran konvensional.
Tidak tersedia versi lain