Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH SISWA SDN DI KABUPATEN LEBAK-BANTEN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender berdasarkan akreditasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Lebak-Banten dengan fokus pada soal-soal tipe AKM. Berfokus pada konteks geografis Kabupaten Lebak-Banten yang belum banyak diteliti sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar negeri di Kabupaten Lebak-Banten, serta memberikan pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan design sequential explanatory yang melibatkan 75 siswa dari 6 sekolah dasar kelas V secara acak untuk menjadi bagian dari sampel penelitian. Kemudian dikategorikan ke dalam tiga tingkatan, (A, B, dan C). Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Two-Way ANOVA. Selain itu, temuan dalam penelitian ini; 1) Profil kemampuan penalaran matematis siswa SDN di Kabupaten Lebak-Banten, 2) Tidak terdapat pengaruh akreditasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, 3) Tidak terdapat interaksi antara gender dan akreditasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa
Tidak tersedia versi lain