Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN ΜΑΤΕΜΑΤIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SPLDV UNTUK SISWA KELAS VIII MTS KUN KARIMA
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN ΜΑΤΕΜΑΤIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SPLDV UNTUK SISWA KELAS VIII MTS KUN KARIMA

Egga Azzahra - Nama Orang; Egi Adha Juniawan (Pembimbing 2) - Nama Orang; Dwi Yulianto (Pembimbing 1) - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika, nilai siswa yang masih di bawah Nilai Standar Minimum (NSM), kurangnya model dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi SPLDV dan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa modul matematika yang dikembangkan melalui validasi ahli serta mengetahui kemenarikan dari respon guru dan siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap development melibatkan dua validator ahli untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap implementation melibatkan satu praktisi pembelajaran (guru) matematika kelas VIII MTs Kun Karima, 5 siswa dalam uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa dalam uji coba kelompok besar yang merupakan siswa kelas VIII MTs Kun Karima. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, dan angket. Data yang diperoleh diolah dengan analisis data deskriptif kuantitatif.

Hasil validasi dari ahli materi memperoleh kriteria "sangat layak" dengan rata-rata 3,40 dan ahli media sebesar 3,47. Kemudian respon praktisi pembelajaran (guru) terhadap media pembelajaran berupa modul matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebesar 3,33 dengan kriteria "sangat menarik". Untuk respon siswa memperoleh hasil skor 3,56 pada uji coba kelompok kecil, dan 3,69 pada uji coba kelompok besar yang menunjukkan kriteria "sangat menarik".


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-MTK 18411008 EGGA 2022
S-MTK18411008
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-MTK 18411008 EGGA 2022
Penerbit
Rangkasbitung : STKIP La Tansa Mashiro., 2022
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hal.:ilus,; 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
18411008
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Egga Azzahra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?