Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN ΜΑΤΕΜΑΤIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SPLDV UNTUK SISWA KELAS VIII MTS KUN KARIMA
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika, nilai siswa yang masih di bawah Nilai Standar Minimum (NSM), kurangnya model dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi SPLDV dan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa modul matematika yang dikembangkan melalui validasi ahli serta mengetahui kemenarikan dari respon guru dan siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap development melibatkan dua validator ahli untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap implementation melibatkan satu praktisi pembelajaran (guru) matematika kelas VIII MTs Kun Karima, 5 siswa dalam uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa dalam uji coba kelompok besar yang merupakan siswa kelas VIII MTs Kun Karima. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, dan angket. Data yang diperoleh diolah dengan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil validasi dari ahli materi memperoleh kriteria "sangat layak" dengan rata-rata 3,40 dan ahli media sebesar 3,47. Kemudian respon praktisi pembelajaran (guru) terhadap media pembelajaran berupa modul matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebesar 3,33 dengan kriteria "sangat menarik". Untuk respon siswa memperoleh hasil skor 3,56 pada uji coba kelompok kecil, dan 3,69 pada uji coba kelompok besar yang menunjukkan kriteria "sangat menarik".
Tidak tersedia versi lain