Skripsi
PENGARUH RELATIONSIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Kopi Dalam Hati Cipanas)
filosofi Relationship marketing merupakan orientasi strategi atau menjalankan bisnis yang berfokus pada upaya mempertahankan dan menumbuhkembangkan relasi dengan pelanggan saat ini (terutama profitable customer atau selected customer) dibandingkan merebut pelanggan baru. Dukungan relationship marketing itu sendiri dapat mendorong terbentuknya loyalitas pelanggan. Dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan maka keinginan pelanggan untuk melanjutkan hingga menuju kepada kesetiaan jangka panjang tidak diragukan lagi.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh relationsip marketing terhadap kepuasan konsumen Kopi Dalam Hati; 2) untuk mengetahui pengaruh relationsip marketing terhadap loyalitas konsumen Kopi Dalam Hati
Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh konsumen yang datang pada kedai Kopi Dalam Hati pada 2021-2023 yang berjumlah 10945 orang, teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan rumus slovin taraf kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 konsumen. Teknik analisis data menggunakan smartPLS 3.0 untuk melakukan pengukuran model pengujian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Kopi Dalam Hati Cipanas Kabupaten Lebak; 2) Relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Kopi Dalam Hati Cipanas Kabupaten Lebak.
Tidak tersedia versi lain