Skripsi
PENGARUH STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SKEMA KOPI RANGKASBITUNG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis kuliner. khususnya coffee shop, yang menuntut pelaku usaha untuk mengoptimalkan strategi promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan. Skema Kopi Rangkasbitung dipilih sebagai objek penelitian karena memiliki tingkat persaingan yang tinggi dengan kafe-kafe sejenis di wilayah Rangkasbitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi melalui media sosial Instagram dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen Skema Kopi Rangkasbitung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi melalui media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, strategi promosi Instagram dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Skema Kopi Rangkasbitung.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa promosi melalui media sosial Instagram dan kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Saran yang diberikan bagi pihak manajemen adalah untuk lebih konsisten dalam melakukan promosi kreatif di media sosial serta meningkatkan kualitas pelayanan agar mampu menciptakan loyalitas pelanggan.
Tidak tersedia versi lain