Skripsi
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMK MATHLA'UL ANWAR CIBUAH WARUNGGUNUNG
Kinerja guru adalah kemampuan seorang guru untuk melakukan perbuatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, yang mencakup aspek perencanaan program belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar. Berdasarkan pengamatan yang teliti, terlihat bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan pada SMK Mathla'ul Anwar Cibuah Warunggunung cenderung mengarah kepada gaya kepemimpinan Transformasional yang dalam prakteknya pemimpinan berorietasi kepada pencapaian tujuan dalam kerangka kerjanya.
Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh kinerja guru SMK Mathla'ul Anwar Cibuah yang berjumlah sebanyak 40 oning, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS v.20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Mathia'ul Anwar Cibuah Warunggunung.
Kesimpulan Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Mathla'ul Anwar Cibuah Warunggunung. Dengan dimensi visi dan indikator kepala sekolah menjadi pemrakarsa pembaruan untuk kemajuan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dan Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Mathla'ul Anwar Cibuah Warunggunung. Dengan dimensi kebutuhan kekuasaan dan indikator selalu berusaha agar prestasi yang diraih lebih baik dibandingkan orang lain. Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Mathla'ul Anwar Cibuah Warunggunung. Dengan dimensi kuantitas kerja dan indikator pekerjaan yang dilakukan selalu mencapai target yang ditentukan. Hal ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi berperan dalam mendukung dan mempengaruhi kinerja guru SMK Mathla'ul Anwar Cibuah Warunggunung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja guru dengan memperhatikan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) sehingga Kinerja Guru (Y) di SMK Mathla'ul Anwar berkompetitif
Tidak tersedia versi lain