Skripsi
PENGARUH BIAYA PRODUK TERHADAP JUMLAH NASABAH PADA PT BANK BTPN SYARIAH TBK KANTOR CABANG RANGKASBITUNG
Perusahaan dapat mengembangkan keunggulan kompetitifnya yang didasarkan pada differensiasi produk dengan menciptakan inovasi-inovasi baru, akan tetapi perusahaan dapat mengembangkan keunggulan kompetitifnya yang didasarkan pada differensiasi produk dengan didasarkan pada biaya rendah. Seharusnya dengan adanya pengendalian dan pengeluaran biaya-biaya perusahaan dapat merespon baik setelah proses maupun setelah produk tersebut telah didistribusikan kepada nasabah maupun pelanggan. Oleh karena itu, biaya produk menjadi salah satu isu strategis dalam roadmap yang harus segera diselesaikan. Berbagai hal yang terkait dengan rendahnya variasi produk perbankan adalah skala industri yang kecil, efisiensi yang rendah, kuantitas dan kualitas SDM yang belum memadai, serta teknologi informasi yang belum mendukung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya produk, jumlah nasabah serta pengaruh biaya produk terhadap jumlah nasabah pada PT Bank BTPN Syariah Tbk. Kantor Cabang Rangkasbitung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah data biaya produk dan jumlah nasabah yang diambil secara langsung dari dokumentasi atau arsip perusahaan PT Bank BTPN Syariah Tbk, Kantor Cabang Rangkasbitung, dengan sampel selama periode 2016 s/d 2018, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 36 data. Variabel independen dalam penelitian ini adalah biaya produk sedangkan variabel dependen adalah jumlah nasabah. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik, regresi linier sederhana analisis, korelasi product moment, korelasi determinasi, pengujian hipotesis dilakukan dengan berdasarkan uji t signifikan pada taraf kesalahan 5%. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 20.
Sedangkan dari perhitungan regresi yang telah diolah diperoleh persamaan 8,578 X. Dapat diartikan bahwa setiap regresi yang diperoleh Y 1291.001 peningkatan biaya produk sebesar 1, maka jumlah nasabah akan menurun sebesar 0.8,578. Nilai product moment sebesar -0,629 dengan tingkat hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,395 yang berarti 39,5% variabel jumlah nasabah mengalami peningkatan dan penurunan dapat dijelaskan oleh variabel biaya produk. Untuk sisanya 60,5% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Hasil pengujian secara persial biaya produk berpengaruh signifikan terhadap jumlah nasabah yang ditunjukan dengan nilai thitung sebesar -4.710 angka ini lebih besar dibandingkan dengan tabel sebesar 2.0322.
Tidak tersedia versi lain