Art Original
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, SUPERVISI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK SE KABUPATEN LEBAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kerja, supervisi dan motivasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner lingkungan kerja, supervisi, motivasi, dan kinerja guru yang disebarkan pada 44 responden sebagai sampel penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh guru produktif SMK se-Kabupaten Lebak yang berjumlah 50. Hasil penelitian diperoleh: (a) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh hasil uji-t, (b) terdapat pengaruh supervisi terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh hasil uji-t (c) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh hasil uji-tdan (d) terdapat pengaruh lingkunan kerja, supervisi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh hasil uji-F. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh lingkunan kerja, supervisi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK se-Kabupaten Lebak. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru SMK se-Kabupaten Lebak yaitu melalui peningkatan lingkungan kerja, supervisi, dan motivasi kerja. Adapun saran yang penulis sampaikan adalah hendaknya SMK se-Kabupaten Lebak lebih memperhatikan lingkungan kerja, meningkatkan supervisi dan motivasi agar kinerja guru semakin meningkat.
Tidak tersedia versi lain