Skripsi
PENGARUH MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta membandingkannya dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Rahmah, Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Jumlah sampel sebanyak 60 siswa dari total populasi kelas VIII MTS AI-Rahmah yang diambil secara acak menggunakan teknik sample random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan test (pretest dan posttest) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji Independen Sample T. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai thitung sebesar 21,498 > tabel = 2,048 yang berarti Ho ditolak dan (2) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model MMP dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai thitung sebesar 6,2454> ttabel 2,048 yang berarti Ho ditolak.
Tidak tersedia versi lain