Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yulia - Nama Orang; Egi Adha Juniawan (Pembimbing 2) - Nama Orang; Moh. Rizal Umami (Pembimbing 1) - Nama Orang;

Proses pembelajaran matematika di sekolah perlu adanya dukungan dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Matematika mengajarkan konsep secara sistematis dari yang sederhana menuju ke kompleks. Model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui adanya perbedaan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP La Tansa. Sampel penelitiannya menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eskperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) terdapat perbedaan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian menggunakan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0,05 mempunyai nilai Sig. 0,004 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H₁ diterima. Hasil pengujian menggunakan uji independent sample t-test mempunyai nilai Sig. 0,026 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H, diterima.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-MTK 20411011 YULIA 2024
S-MTK20411011
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-MTK 20411011 YULIA 2024
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2024
Deskripsi Fisik
xii, 81 hal.:ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
20411011
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pemahaman Konsep
Problem Based Learing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yulia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?