Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Proses pembelajaran matematika di sekolah perlu adanya dukungan dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Matematika mengajarkan konsep secara sistematis dari yang sederhana menuju ke kompleks. Model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui adanya perbedaan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP La Tansa. Sampel penelitiannya menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eskperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) terdapat perbedaan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian menggunakan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0,05 mempunyai nilai Sig. 0,004 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H₁ diterima. Hasil pengujian menggunakan uji independent sample t-test mempunyai nilai Sig. 0,026 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H, diterima.
Tidak tersedia versi lain