Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF METEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam pembelajaran berbasis proyek pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Cipanas dengan melibatkan 30 siswa kelas VIII sebagai subjek. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis data secara induktif, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan persentase 16,66% umumnya dapat menyelesaikan seluruh indikator pada materi bangun ruang sisi datar. Siswa dengan kemampuan kreatif sedang dengan persentase 76,67% cenderung hanya menyelesaikan sebagian indicator. Sementara itu, siswa dengan kemampuan kreatif rendah dengan presentase 6,67% menunjukkan penyelesaian masalah yang kurang lengkap dan tidak sistematis. Penelitian ini mengungkap bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat merangsang kreativitas matematis, tetapi juga menunjukkan tantangan bagi siswa dengan kemampuan yang lebih rendah. Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan kemampuan menyelesaikan masalah matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain