Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), dengan populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII A dan VIII B yang dimana sample dalam penelitian ini kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan motode konvensional dan kelas VIII B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model teams games tournament (IGT), dengan desain non-equivalent group desain. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes (pretest dan posttest)
berbentuk esay, observasi, RPP dan dokumentasi. Uji homogenitas dan uji normalitas kemampuan berpikir kritis matematis siswa didapatkan hasil bahwa berdistribusi normal dan kedua varians data homogen. Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ini menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi yaitu 0,022, berarti terdapat Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu hasil uji Ngain menunjukan nilai rata-rata siswa untuk kelas ekperimen adalah 61,3659 dan kelas kontrol adalah 40,3208 yang berarti kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis karena dengan adanya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dimana melibatkan diskusi kelompok antar tim yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, mendorong siswa dapat berkolaborasi dalam memecahkan masalah, dan dalam penggunaan model pembelajaran ini diberbentuk seperti permainan edukatif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menjadikan siswa tidak mudah merasa jenuh dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain