Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya daya serap dan pemahaman siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyekesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kontekstual. tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPI Cendekia Daarul Mubtadien dan sampel dipilih secara random sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang di bagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya diuji menggunakan uji validasi, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Hasil uji tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa (0,09>0,05), dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata nilai statistika kelas kontrol dan kelas eksperimen (0,020< 0,05). Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat diberikan saran bahwa model pembelajaran kontekstual sebaiknya dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran umtuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi yang lain.
Tidak tersedia versi lain