Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Babay Nadiroh - Nama Orang; Egi Adha Juniawan (Pembimbing 2) - Nama Orang; Moh. Rizal Umami (Pembimbing 1) - Nama Orang;

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya daya serap dan pemahaman siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyekesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kontekstual. tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPI Cendekia Daarul Mubtadien dan sampel dipilih secara random sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang di bagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya diuji menggunakan uji validasi, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Hasil uji tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa (0,09>0,05), dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata nilai statistika kelas kontrol dan kelas eksperimen (0,020< 0,05). Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat diberikan saran bahwa model pembelajaran kontekstual sebaiknya dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran umtuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi yang lain.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-MTK 19411004 BABAY 2023
S-MTK19411004
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-MTK 19411004 BABAY 2023
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2023
Deskripsi Fisik
xiv, 58 hal.:ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19411004
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran Kontekstual
Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Babay Nadiroh
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?