Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Muhamad Anggi Saputra - Nama Orang; Syahrul Anwar (Pembimbing 1) - Nama Orang; Moh. Rizal Umami (Pembimbing 2) - Nama Orang;

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Untuk menguji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji Gain dengan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,85 dan kelas kontrol 0,60. Setelah data-data yang dikumpulkan dan diolah oleh peneliti dan dibahas pada pembahasan sebelumnya pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 20,20 dan rata-rata nilai posttest sebesar 85,49. Sedangkan pada kelas kontrol hasil yang di peroleh pada nilai pretest sebesar 16,11 dan pada nilai posttest sebesar 72,00. Jika dilakukan suatu perbandingan antara dua kelas hasil pretest dan posttest, maka terdapat selisih yang cukup signifikan yaitu sebesar 13,49 dimana pada kelas eksperimen proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-MTK 19411013 MUHAMAD 2023
S-MTK19411013
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-MTK 19411013 MUHAMAD 2023
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 63 hal.:ilus,; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19411013
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Model Pembelajaran Treffinger
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhamad Anggi Saputra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?