Skripsi
PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Untuk menguji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji Gain dengan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,85 dan kelas kontrol 0,60. Setelah data-data yang dikumpulkan dan diolah oleh peneliti dan dibahas pada pembahasan sebelumnya pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 20,20 dan rata-rata nilai posttest sebesar 85,49. Sedangkan pada kelas kontrol hasil yang di peroleh pada nilai pretest sebesar 16,11 dan pada nilai posttest sebesar 72,00. Jika dilakukan suatu perbandingan antara dua kelas hasil pretest dan posttest, maka terdapat selisih yang cukup signifikan yaitu sebesar 13,49 dimana pada kelas eksperimen proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Tidak tersedia versi lain