Repositry ETD

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Yogi Pancatama - Nama Orang; Syahrul Anwar (Pembimbing 1) - Nama Orang; Muahor Zakaria (Pembimbing 2) - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penelaran matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cikulur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan Random Sampling yang dipilih secara acak Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal berbentuk uraian Teknik analisis data memuat dua jenis yakni data kuantitatif yang terdiri dari statistika deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan Uji paired sampel t test. Hasil temuan menunjukan pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 30,00, dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,17 Sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pretest memperoleh hasil sebesar 28,50, dan rata-rata nilai posttest sebesar 73,33. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua sampel maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar 3,34 dimana kelas eksperimen lebih unggul dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro S-MTK 19411005 YOGI 2023
S-MTK19411005
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S-MTK 19411005 YOGI 2023
Penerbit
Rangkasbitung : Universitas La Tansa Mashiro., 2023
Deskripsi Fisik
xviii, 101 hal.:ilus,; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19411005
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yogi Pancatama
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repositry ETD
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?