Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penelaran matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cikulur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan Random Sampling yang dipilih secara acak Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal berbentuk uraian Teknik analisis data memuat dua jenis yakni data kuantitatif yang terdiri dari statistika deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan Uji paired sampel t test. Hasil temuan menunjukan pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 30,00, dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,17 Sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pretest memperoleh hasil sebesar 28,50, dan rata-rata nilai posttest sebesar 73,33. Artinya jika dilakukan suatu perbandingan antara dua sampel maka terdapat selisih nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar 3,34 dimana kelas eksperimen lebih unggul dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain