Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dan menganggap matematika sulit serta membosankan, akibatnya hasil pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 1 Cipanas tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Instrumen pada penelitian ini adalah tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dibuktikan pada pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti pada uji independent sampel t test dan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05, maka Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan assisted pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif team individualization terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal ini diperkuat oleh nilai rata-rata posttest hasil kemampuan pemahaman konsep matematis bahwa nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 80,32 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol yaitu sebesar 74,52. Jadi, penggunaan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain