Skripsi
MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP La tansa 2. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen, teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest berjumlah 4 soal essay untuk mengetahui nilai peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah berbantu SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansinya adalah sebesar 0,002 t-tabel (1,665). Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model RBL mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Ini berarti bahwa model pembelajaran RBL mampu merangsang siswa untuk berpikir secara kritis dalam memecahkan masalah matematika.
Tidak tersedia versi lain