Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan rigorous mathematical thinking terhadap pemahaman konseptual matematis. Karena temuan penelitian sebelumnya mengidentifikasi bahwa siswa masih kurang memiliki kemampuan untuk membentuk prestasi yang baik dalam pembelajaran matematika. Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran pendekatan Rigorous Mathematical Thinking terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP pada kelas VII SMP Negeri 4 Cikulur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuntitatif kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Instrumen tes penelitian yang terdiri atas 7 soal uraian dengan materi garis dan sudut. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji Homogenitas Lavene statistic, uji hipotesis yaitu uji-T. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1 terdapat pengaruh pemahaman konseptual matematis siswa dengan pembelajaran pendekatan RMT dibandingkan dengan pembelajaran pendekatan konvensional.
Tidak tersedia versi lain