Skripsi
PENGARUH PENERAPAN PENDEKΚΑΤΑΝ ΚΟNTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Al-Fadhilah. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Fadhilah pada kelas VIII semester genap pada tahun pelajaran 2022/203. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling diperoleh 54 siswa terdiri dari 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal hasil uji validitas muka, isi, dan konstruk kemudian di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data hasil penelitian telah di uji normalitas, homogenitas didapat data berdistribusi normal dan kedua kelompok homogen. Pengujian hipotesisi dilakukan menggunakan uji-r dihasilkan sebesar 0,581. Hasil penelitian menyimpulkan rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Tidak tersedia versi lain