Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA ALFAMART KΟΡΟ KECAMATΑΝ ΚΟΡΟ ΚABUPATEN SERANG
Permasalahan yang dihadapi Alfamart Kopo, Kabupaten Serang pada tahun 2018 adalah tidak tercapainya target volume penjualan Hal tersebut menyebabkan penurunan pendapatan perusahaan Banyak faktor yang menjadi penyebab hal tersebut, diantaranya adalah belum baiknya kualitas pelayanan dan juga belum optimalnya pengawasan yang dilakukan perusahaan Kedua faktor tersebut sangat penting bagi perusahaan untuk keberlangsungan usahanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan pengawasan terhadap volume penjualan pada Alfamart Kopo, Kecamatan Kopo. Kabupaten Serang
Penelitian dilakukan untuk menguji hipotesis yaitu apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan pengawasan terhadap volume penjualan Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survey Populası penelitian adalah seluruh member Alfamart Kopo yang berjumlah 128 konsumen Sampel penelitian adalah 97 konsumen. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner yang menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda
Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap volume penjualan ditunjukkan oleh nilai r-hitung 8,492 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel pengawasan terhadap volume penjualan ditunjukkan oleh nilai 1-hitung 2,782 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,007, dan (3) terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel kualitas pelayanan dan pengawasan secara simultan terhadap volume penjualan ditunjukkan oleh nilai F-hitung 155,155 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,0000.
Penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh kualitas pelayanan dan pengawasan secara simultan terhadap volume penjualan pada Alfamart Kopo, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. Selanjutnya, disarankan agar perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan agar dapat meningkatkan volume penjualan. Disarankan juga untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel dan metode penelitian yang berbeda agar hasilnya menjadi lebih lengkap.
Tidak tersedia versi lain