Skripsi
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KERELASIAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAН BANK BRI UNIT CABANG CIPANAS
Salah satu keberhasilan suatu perusahaan perbankan dalam menghadapi persaingan yang ketat adalah kemampuannya mempertahankan loyalitas nasabahnya Banyak faktor yang mempengaruni loyalitas nasabah, diantaranya adalah komumkası pemasaran dan kerelasian nasabah Kedua faktor tersebut sangat penting karena langsung berhubungan dengan nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Unit Cabang Cipanas
Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif Populasi penelitian adalah keseluruhan nasabah pada Bank BRI Unit Cabang Cipanas yang berjumlah 327 orang Sampel penelitian adalah sebenyal. 100 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling Analisis data menggunakan analisis deskriptif-inferensial
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah ditunjukkan olch nilai 1-hitung 21,153 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, (2 terdapat pengaruh negatif yang sangat signifikan variabel kerelasian nasabah terhadap loyalitas nasabah ditunjukkan oleh nilai /-hitung-7,164 dengan nilai signifikansı (p-vaine) sebesar 0,000, dan (3) terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah secara sıraultan terhadap loyalıtas 565,24 dengan nilai signifikansı nasabah ditunjukkan oleh nilai F-hitung (p-value) sebesar 0,000 dan nilai R-Square 0,921, artinva, 92,1º variası loyalıtas nasabah di Bank BRI Unit Cabang Cipanas dapat dijelaskan oleh variası komunikası pemasaran dan kerelasian nasabah
Penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan variabel komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah secara simultan terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Unit Cabang Cipanas Selanjutnya, disarankan Bank BRI Unit Cabang Cipanas meningkatkan komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah sehingga dapat meningkatkan loyalitas nasabahnya
Tidak tersedia versi lain