Skripsi
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS LAYANAN PADA KOPERASI GURU MMI (KAGUMI) PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM GINTUNG KECAMATAN JAYANTI TANGERANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap pada Koperasi Guru MMI (Kagumi) di pondok pesantren Daar el-Qolam.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada Koperasi Guru MMI (Kagumi) menurut tingkatan kelas dari kelas 1 s/d 6 (1 SMP sampai 3 SMA) sebanyak 3077 orang santri putra dan putri. Sedangkan yang akan diberikan Quisioner sebanyak 337 santri putra/putri kelas 6/3 SMA Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Sampel sebanyak 91 orang dan sebanyak 28 dari pemasok barang, diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan menggunakan rumus Yamane Rakhmad yang menyatakan bahwa jika populasi lebih dari 100 maka sampel yang diambil adalah 10% atau lebih. Teknik pengambilan data digunakan metode dokumentasi/penyebaran angket (Kuesioner) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda.
Hasil perhitungan korelasi menunjukan hubungan yang sangat kuat dimana kualitas layanan (Variabel X₁) dan kepuasan pelanggan (Variabel X2) berhubungan dengan loyalitas layanan (Variabel Y). Adapun hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan akan meningkat loyalitas layanan. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas layanan Koperasi Guru MMI (Kagumi) Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Gintung Jayanti Tangerang.
Tidak tersedia versi lain