Tesis
PENGARUH KEPEMIMPINAN ETIS, PELATIHAN ETIS, DAN IKLIM PELAYANAN TERHADAP ORIENTASI PELANGGAN: STUDI KAUSAL PADA KARYAWAN BANK BNI DI PROVINSI BANTEN (2024)
Tesis ini mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan etis, pelatihan etis, iklim layanan, dan orientasi pelanggan dalam konteks sektor perbankan. Tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan bagaimana kepemimpinan etis dan praktik pelatihan mempengaruhi iklim layanan yang pada akhirnya meningkatkan orientasi pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, data dikumpulkan dari 93 karyawan garis depan di salah satu bank terkemuka BNI 46 di Banten melalui kuesioner terstruktur. Studi ini menggunakan model kausal berurutan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan etis, pelatihan etis, dan iklim layanan terhadap orientası pelanggan. Analisis faktor digunakan untuk memastikan validitas dan reliabilitas data yang dikumpulkan, sedangkan model persamaan struktural parsial setidaknya kuadrat (SEM-PLS) digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dan kerangka penelitian. Temuan penelitian ini memberikan dukungan besar terhadap hipotesis yang diajukan. Secara khusus, penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan etis berdampak signifikan terhadap iklim layanan, dan pelatihan etis memainkan peran penting dalam membentuk iklim layanan dan orientasi pelanggan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan hubungan langsung antara iklim layanan dan orientasi pelanggan, yang menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang positif menumbuhkan pendekatan yang berpusat pada pelanggan. Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur yang ada dengan menawarkan buktı empiris tentang pentingnya kepemimpinan etis dan elatihan dalam mempromosikan orientasi nasabah dalam sektor perbankan
Tidak tersedia versi lain