Proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat kepada guru sehingga membuat siswa kurang aktif dan menganggap matematika sulit serta membosankan, akibatnya hasil pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization terhadap kemampuan …
Rendahnya kemampuan penalaran siswa terlihat dari beberapa faktor diantaranya adalah, pembelajaran yang selalu dilaksanakan para siswa di dalam kelas hanya terfokus pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan sehingga siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan mengemukakan pendapat serta kurangnya minat siswa dalam berdiskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemam…
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menjadi pusat dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajar…
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya daya serap dan pemahaman siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyekesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kontekstual. tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. J…
Latar belakang penelitian ini adalah tidak adanya variasi pendekatan pembelajaran yang digunakan guru, yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMA dalam materi statistika dan (2) untuk mengeta…