Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) adalah tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan, yang dilaksanakanpada semester keempat. Sebagai tahap pertama, setelah PLP I akan dilanjutkandengan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) pada semester yang lebihtinggi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah salah satu kegiatan yang dapat memberik…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori polya ditinjau dari tes diagnostic. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Warunggunung dengan jumlah sampel sebanyak 3 orang siswa kelas X E-8. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tek…
Perkembangan teknologi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran, google site sebagai media pembelajaran di di SMP dan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis google site. Buku paket yang diberikan oleh sekolah seringkali sulit dipahami oleh peserta didik dan ketersediaannya terbatas. Selain itu, buku-buku ini hanya dapat digun…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender berdasarkan akreditasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Lebak-Banten dengan fokus pada soal-soal tipe AKM. Berfokus pada konteks geografis Kabupaten Lebak-Banten yang belum banyak diteliti sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah dan Self-Efficacy matematika di Indonesia masi rendah. Setiap setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksprisikan perbedaan kemampuan pe…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa, serta Tujuan penelitian ini untuk metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak aktif dan membuat pembelajaran yang membosankan membuktikan dan mengetahui adanya pengaruh dari metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MTs Penelitian ini dilakukan di MTs Salafiyah Al Marjan dengan jenis pe…
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan penelaran matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cikulur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan men…
Perkembangan teknologi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran, terutama dalam penggunaan modul elektronik (e-modul) sebagai bahan ajar. Buku paket yang diberikan oleh sekolah seringkali sulit dipahami oleh peserta didik dan ketersediaannya terbatas. Selain itu, buku-buku ini hanya dapat digunakan di kelas, mengakibatkan kebutuhan akan pengembangan media pembelajaran y…
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), dengan populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII A dan VIII B yang dimana sample dalam penelitian ini kel…
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu proses berpikir yang dilakukan individu untuk mengorganisir pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang dimiliki Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gaya kognitif siswa SMA di Kabupaten Lebak, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis ber…